Tentang Pelaksana Program

Posted on Januari 2, 2008. Filed under: Tentang Program | Tag:, , , , |

Perkumpulan  Averroes Community (selanjutnya disebut Averroes) didirikan pada tanggal 20 Mei 1997 dengan nama Averroes-Studies Forum. Status badan hukum perkumpulan ini merupakan alih bentuk dari Yayasan Averroes (Akte Notaris H. Chusen Bisri, SH No.16 Tanggal 13 November 2001). Averroes juga telah terdaftar pada Badan Kesatuan Bangsa Propinsi Jawa Timur melalui Surat Keterangan Terdaftar Bakesbang no: 179/VIII/LSM/2008.Awalnya, Averroes hanya memiliki satu lembaga kajian yaitu PUSPeK Averroes, yang menaruh concern pada persoalan-persoalan kebudayaan dalam lingkup yang luas. PUSPeK Averroes memiliki tiga spesifikasi kegiatan, yakni kajian, penelitian dan pelatihan. Dalam perkembangannya sampai saat ini Averroes telah menaungi lima (5) lembaga yakni:
1.    PUSPéK (Pusat Studi dan Pengembangan Kebudayaan) Averroes, sebagai lembaga yang bergerak di bidang Kajian, Pelatihan, dan Penelitian yang berkaitan dengan bidang kebudayaan marginal dan kajian filsafat.
2.    PLaCIDS (Public Policy Analysis and Community Development Studies) Averroes, sebagai lembaga yang memiliki gugus tugas pada riset dan pendampingan proses kebijakan publik dan pemberdayaan masyarakat di berbagai sektor, demi penegakan prinsip-prinsip demokrasi.
3.    Averroes Press sebagai sebuah lembaga yang menerbitkan dan mencetak Buku Umum (Sosial, Budaya, Ekonomi, Filsafat, Agama); Buku Seri Pemikiran Tokoh; Buku Serial Pengenalan Teori; Jurnal; Booklet dan Buletin.
4.    Komunitas Bisnis Averroes sebagai sebuah lembaga yang berupaya untuk mengembangkan berbagai pola usaha mikro, kecil dan menengah sebagai resource penguatan fundamen ekonomi rakyat, sekaligus sebagai upaya fundrising kelembagaan Averroes melalui usaha-usaha ekonomi produktif.
5.    Komunitas Studi Gender Averroes, sebagai sebuah lembaga yang menaruh concern pada pengembangan wacana gender dan transformasi nilai-nilai kesetaraan gender kepada masyarakat. Selain itu, Komunitas Studi Gender Averroes juga mengupayakan terwujudnya masyarakat yang peduli pada kasus-kasus ketidakadilan gender.

Dalam pelaksanaan Program Sekolah Demokrasi di Kota Batu, Averroes Community bekerjasama dengan Komunitas Indonesia untuk Demokrasi (KID), sebuah perkumpulan (LSM) di Jakarta yang menaruh minat pada demokratisasi di Indonesia. Keterangan lebih lengkap mengenai KID dapat dilihat pada website: http://www.komunitasdemokrasi.or.id.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: