Kultur Tradisional Tantangan Terberat Demokratisasi

Posted on Juli 31, 2009. Filed under: Artikel Opini | Tag:, |

Kultur tradisional yang sangat dipengaruhi kolonialisme merupakan tantangan terberat demokratisasi di Indonesia. Ini menyebabkan otonomi individu yang menjadi prasyarat demokratisasi sulit terbentuk. “Patologi terberat dalam demokratisasi di Indonesia adalah akar kultural,” ungkap dosen filsafat politik pada Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Francesco Budi Hardiman, Minggu (16/7).

Kultur memuja pemimpin dan sikap asal bapak senang menjadi satu contohnya. “Alasannya bisa karena upaya untuk mempertahankan sumber-sumber ekonomi dan ketakutan kehilangan rezeki,” kata Budi menambahkan.

Untuk itu, yang diperlukan adalah reformasi kultural yang terwujud dalam otonomi berpikir serta pengembangan tanggung jawab atas jabatan yang diemban. Pers dapat menjadi agen dalam proses perubahan kultural itu.

Selain itu, kultur birokrasi konservatif yang sudah terbentuk seperti saat ini harus ditransformasi menjadi lebih egaliter. Langkah itu dapat dilakukan dengan memperkuat lembaga kontrol di luar birokrasi serta sosialisasi pendidikan demokrasi kepada angkatan muda.

Di sisi lain, anggota Komisi III DPR Gayus Lumbuun (Fraksi PDI Perjuangan, Jawa Timur V) mengemukakan, kendala terberat pembangunan demokratisasi di Indonesia adalah kecenderungan berkutat pada soal perumusan, belum pada aktualisasi demokrasi. Orang masih sibuk berdebat soal berbagai bentuk demokrasi serta berbagai macam landasan yang membangunnya.

Meskipun demikian, baik Budi maupun Gayus melihat sosok pemimpin tetap menjadi faktor penting dalam proses itu. Kultur masyarakat Indonesia yang masih melihat pemimpin sebagai contoh masih kuat. (JOS)

Source: http://www2.kompas.com/kompas-cetak/0607/17/Politikhukum/2813470.htm

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: