Untuk Ketua MPR Baru, Bekerjalah Demi Bangsa dan Negara

Posted on Oktober 20, 2009. Filed under: Artikel Opini | Tag:, , |

Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) DPP PDI Perjuangan Taufik Kiemas akhirnya terpilih menjadi Ketua MPR. Kenaikan TK memunculkan dilema kubu banteng dan ancaman keretakan koalisi SBY.Drama pemilihan Ketua MPR pada Sabtu 3 Oktober 2009 malam yang dimenangkan Taufik Kiemas menjadi pelengkap kemenangan politik SBY dalam rangkaian Pemilu 2009 ini.

Melalui paket 4-1 yang terdiri dari empat pimpinan MPR dari unsur DPR dan satu dari unsur DPD, TK melenggang menggantikan posisi Hidayat Nur Wahid didampingi Melani Leimena Suharli (Fraksi Partai Demokrat), Hajriyanto Y Tohari (Fraksi Partai Golkar), Lukman Hakim Saefuddin (Fraksi PPP), serta Ahmad Farhan Hamid (DPD yang juga bekas politisi PAN).

Kemenangan Taufik Kiemas yang didukung penuh Partai Demokrat dan SBY menjadi penanda atas koalisi yang dibangun antar dua partai yang sejak lima tahun terakhir ini berseteru. Namun, keputusan TK menjadi Ketua MPR dengan dukungan penuh SBY dan Partai Demokrat tidaklah bulat di internal PDIP.

Figur TK merupakan sosok kawakan dalam pentas politik nasional. Bekas aktivis GMNI yang juga berasal dari keluarga Masyumi dari Palembang ini juga dikenal sebagai seorang pengusaha, khususnya dengan kepemilikan beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Meski demikian, jejak rekam TK di parlemen selama lima tahun terakhir ini menjadi sorotan banyak pihak terutama soal kehadirannya dalam rapat maupun paripurna di DPR yang cukup minim.

Kondisi ini menjadi catatan penting bagi TK dalam memimpin MPR lima tahun ke depan. Meski MPR tak seaktraktif DPR, agenda di depan mata seperti usulan amandemen juga menjadi PR ke depan. Termasuk relasi DPR-DPD yang dalam lima tahun terakhir tak akur, menjadi agenda pertama TK dan empat wakilnya.

CHRISTOPER SIMANJUNTAK
Cilandak, Lebak Bulus
JAKARTA SELATAN
christoper_s@plasa.com

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: