Rekrutmen Peserta Sekolah Demokrasi Tahun 2010

Posted on Desember 30, 2009. Filed under: Agenda dan Kegiatan | Tag:, , , , |

Bahwa Program Sekolah Demokrasi di Kota Batu memiliki tujuan umum: meningkatkan kualitas sumber daya politik kalangan pilar demokrasi Kota Batu, yang ditandai dengan meningkatnya kualitas wacana demokrasi (quality of discourse) dan meningkatnya kuantitas partisipasi demokrasi (quantity of participaton), yang dilaksanakan melalui rangkaian kegiatan dalam Program Sekolah Demokrasi.

Bahwa Program Sekolah Demokrasi di Kota Batu dilaksanakan atas kerjasama antara Komunitas Indonesia untuk Demokrasi (KID) dan Averroes Community. Sekolah Demokrasi dilaksanakan dengan metode pembelajaran untuk orang dewasa (POD) dan memiliki bentuk berupa kegiatan in-class dan out-class. Keikutsertaan dalam Program Sekolah Demokrasi ini berdasarkan asas sukarela, partisipatif dan komitmen untuk bersama-sama membangun Kota Batu yang lebih baik bagi semuanya.

Bahwa Sekolah Demokrasi dapat diikuti oleh khalayak umum yang berasal dari empat pilar demokrasi yakni: (1) institusi politik; (2) partai politik; (3) komunitas bisnis; dan (4) Organisasi Masyarakat Sipil, yang dianggap memenuhi persyaratan sebagai peserta Sekolah Demokrasi melalui proses seleksi yang dilaksanakan oleh Tim pelaksana Program Sekolah Demokrasi. Adanya persyaratan dilakukan bukan demi membatasi keikutsertaan masyarakat dalam Sekolah Demokrasi, namun lebih ditujukan pada optimalisasi pencapaian tujuan program.

Bahwa peserta Sekolah Demokrasi memiliki ikatan kontrak belajar untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran bersama selama satu tahun sesuai dengan desain rencana kegiatan Sekolah Demokrasi. Dalam hal ini, baik tim pelaksana, Averroes Community dan KID memiliki komitmen kuat untuk melakukan proses pendampingan terhadap peserta Sekolah Demokrasi demi tercapainya tujuan-tujuan pelaksanaan program.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: