Berdemokrasilah Secara Sopan dan Beretika

Posted on Maret 25, 2010. Filed under: Pustaka Wacana | Tag: |

Sejak kran reformasi dibuka kegiatan kemasyarakatan apalagi kebebasan menyampaikan pendapat di muka umum kelihatan sangat tidak terkontrol, para demonstran tanpa canggung dapat melakukan apa saja yang dikehendaki termasuk mencaci maki pemerintah, legislatif, membakar foto-foto pemimpin negara dan banyak hal lainnya secara kasat mata dipertontonkan. Memang kemerdekaan untuk menyampaikan pendapat di muka umum adalah hak asasi manusia yang dijamin oleh Undang Undang Dasar 1945, kemerdekaan setiap warga negara untuk menyampaikan pendapat di muka umum merupakan perwujudan demokrasi dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Menurut hemat saya meskipun kebebasan berdemokrasi dijamin UUD namun aksi-aksi yang dilakukan para demonstran selama ini yang cenderung anarkhis dan mengganggu ketentraman umum sepertinya tindakan tersebut tidak boleh dibiarkan terus karena masyarakat merasa tidak simpati. Untuk itu dimasa-masa mendatang diharapkan para demonstran yang selama ini melakukan unjuk rasa di halaman istana negara dan gedung DPR/MPR yang merupakan lambang negara supaya melakukannya secara baik, dan sebagai warga negara yang baik mari kita jaga kewibawaan lambang negara tersebut, berdemokrasilah secara sopan dan beretika.

Sebagai bangsa yang besar mari kita junjung tinggi rasa nasionalisme, menumbuhkan kembali semangat kebersamaan, melakukan penghormatan maupun kewibawaan terhadap lambang-lambang negara, agar negara ini menjadi baik dan berwibawa maka seluruh elemen bangsa ini harus saling menjaga kesopanan dan etika dalam menjalankan aktivitas. Untuk itu dalam menjaga tertibnya kegiatan demonstran di depan istana negara dan gedung DPR/MPR maka aparat keamanan seperti Polri harus bertindak tegas terhadap para pelaku yang membuat keonaran, sebagai warga negara kita tidak mau kalau kedua wilayah tersebut dilegalkan menjadi tempat untuk pembuangan sampah oleh kelompok-kelompok yang melakukan aksi demonstrasi.

Wawan Budayawan, Spd
Pemerhati Masalah Sosial dan Budaya

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: