Hukuman Mati Bagi Koruptor Tidak Melanggar HAM

Posted on April 30, 2010. Filed under: Ruang Publik |

Demokrasi – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD saat mengajar mata kuliah tata negara di Surabaya, Minggu (18/4/2010), mengatakan vonis hukuman mati kepada koruptor sebagai bagian dari upaya untuk memberantas korupsi di Indonesia, secara konstitusi sudah diperbolehkan dan dijamin tidak melanggar Hak Azasi Manusia (HAM).

Menurut Mahfud MD, Mahkamah Konstitusi sudah memutuskan boleh hukuman mati bagi koruptor. Pemberian vonis kepada koruptor sah-sah saja dan tidak melanggar HAM. Sebab, tidak ada HAM yang tidak dibatasi oleh undang-undang. Di berbagai negara saja hukuman masih ada. Memang di negara-negara kecil di Eropa, seperti Denmark dan Swedia hukuman mati tidak ada. Namun Amerika saja yang mengaku sebagai kampiunnya demokrasi, masih menerapkan hukuman mati.

Dalam undang-undang soal HAM sebenarnya sudah disebutkan jika hukuman mati diperbolehkan untuk empat hal yaitu, terorisme, narkoba, pembunuhan berencana, dan korupsi. Dan tidak usah diperdebatkan apakah hukuman mati melanggar HAM atau tidak. Karena negara-negara yang menandatangani konvensi soal HAM pun masih menerapkan hukuman mati di negaranya.

Saya menghimbau kepada penegak hukum, khususnya yang menentukan vonis hukum bagi koruptor, agar memberikan hukuman seberat-beratnya bagi koruptor, hingga hukuman mati. Koruptor tidak perlu diberi hati, karena nanti akan ambil jantung. Mari kita dukung program pemerintah dalam memberantas korupsi.

Pribadi Adi Paringgo
Jl. Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur
Email: pringgoadi@plasa.com

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: