Pegawai Terlibat Markus Harus Dipecat

Posted on April 30, 2010. Filed under: Artikel Opini | Tag: |

Demokrasi – Anggota DPR Bambang Soesatyo dari Fraksi Golkar mengatakan sanksi-sanksi administratif yang diberikan oleh Kementerian Keuangan, Kejaksaan Agung, Kepolisian dan instansi lainnya kepada puluhan orang yang diduga terlibat dalam penggelapan pajak tidaklah cukup, tetapi harus diberikan hukuman badan penjara, bahkan hukuman mati. Korupsi dan penggelapan pajak yang merugikan negara triliunan rupiah tidak cukup diselesaikan dengan sanksi administratif, tetapi harus mendapat ganjaran penjara atau bahkan hukuman mati.
Menurut Bambang Soesatyo, kerugian negara yang sudah berlangsung lama dan besar jumlahnya dilakukan secara sistemik, sehingga tidak mungkin dapat diselesaikan dengan sanksi administratif saja. Keputusan untuk mengurangi nilai pajak miliaran rupiah bukan menjadi kewenangan seseorang seperti Gayus Tambunan. Apalagi pe¬ngurangan nilai pajak triliunan rupiah, tidak mungkin tidak melibatkan kewenangan Dirjen dan Menteri Keuangan. Jangan lagi korbankan orang kecil seperti Gayus. Dirjen Pajak, bahkan Menteri Keuangan pun harus segera diperiksa oleh penegak hukum agar dapat menghentikan korupsi sistemik yang sudah berlangsung lama. Kalau tidak demikian, penggelapan pajak akan terus berlangsung dan merugikan negara dan masyarakat secara keseluruhan. Mereka harus berhadapan penjara atau hukuman mati sesuai dengan undang-undang.

Sementara itu, Ketua Presidium Petisi 28 Haris Rusli Moti me¬ngatakan bahwa pembiaran penggelapan pajak yang dilakukan selama ini bukan hanya tanggung jawab menteri keuangan, tetapi tanggung jawab bersama seluruh komponen bangsa. Reformasi birokrasi yang selama ini mengagung-agungkan keberhasilan Ke¬menterian Keuangan yang melakukan remunerasi itu justru menunjukkan kegagalan daripada reformasi birokrasi.

Saya berharap semua pihak yang terlibat dalam makelar kasus pajak harus diseret ke pengadilan dan diadili sesuai perbuatanya. Karena tersangkanya aparat yang seharusnya melindungi keuangan negara, sebaiknya dihukum lebih berat dan dipecat dari PNS.

Pribadi Santoso
Taman Pagelaran, Desa Padasuka, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor
Email: prisant@plasa.com

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: