Atur dan Awasi Kinerja Intelijen

Posted on Mei 26, 2010. Filed under: Artikel Opini |

Intelijen sebagai sebuah institusi negara sudah semestinya dapat diatur, dilindungi sekaligus dikontrol perilakunya dengan undang-undang. Insan intelijen bukan manusia super yang seenaknya dapat menabrak rambu-rambu HAM dengan “berlindung” pada kepentingan bangsa dan negara. Maka, segala tindak-tanduknya yang mengatas-namakan negara harus diatur dan bisa dikontrol.
Di banyak negara, keberadaan Intelijen Negara dikontrol dengan Undang-undang. Di Amerika Serikat misalnya, sejak tahun 1947 negara Paman Sam itu sudah menerbitkan sebuah perangkat UU yang secara tegas memberikan kewenangan kepada Intelijen untuk “…menghadapi upaya-upaya dan segala bentuk ancaman terhadap kepentingan nasional. Bahkan keuangan CIA-pun diatur penggunaannya dengan UU AS tahun 1949.

Sementara di Indonesia, lembaga telik sandi kita belum memiliki payung hukum yang memadai. Padahal sebagai sebuah negara yang iklim demokrasinya sedang bertransisi, kita membutuhkan Intelijen yang lebih memiliki parameter hukum dalam melakukan aktivitasnya, lebih memiliki keabsahan di mata rakyat yang makin kritis, lebih patuh terhadap prinsip penegakan hukum (rule of law), lebih menghargai prinsip universal tentang hak azasi manusia, dan lebih dekat dengan prinsip tata kelola yang baik (good governance).

Kita berharap, melalui RUU Intelijen yang akan segera dibahas di DPR RI tahun 2010 ini, kita akan segera memiliki infrastruktur untuk melakukan pengawasan yang demokratis bagi badan intelijen, mengapa pengawasan tersebut diperlukan, dan bagaimana pengawasan tersebut seharusnya dilaksanakan. Sebagai negara demokratis, kita tidak bisa lagi menyerahkan kepada Pemerintah untuk memiliki keistimewaan eksklusif mengawasi kinerja intelijen, karena bukannya tidak mungkin, intelijen dapat ”dimanfaatkan” untuk kepentingan regim yang sedang berkuasa.

Ricard Radja
Jaringan Ephistoholik Indonesia
Tinggal di Kupang-NTT
ricardradja@gmail.com

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: