Janganlah Bentrokan Menjadi Infoteinment Murahan

Posted on Mei 26, 2010. Filed under: Artikel Opini |

Sungguh suatu kejadian yang membuat bulu roma menjadi merinding. Bentrok terjadi seperti beruntun, di mana-mana, meninggalkan kerusakan, dan korban. Perilaku keras, nyaris bengis, tidak berperikemanusiaan terlihat nyata dalam setiap bentrokan. Kejadian itu dipertontonkan secara masif oleh media, terutama televisi, kerusuhan-kerusuhan itu jadi tontonan menarik tanpa ada sensor.
Kita menjadi telanjur tidak punya hati, padahal yang diperlihatkan adalah perilaku bengis yang serba tidak masuk akal. Tidak saja sepihak, tetapi kedua belah pihak sama-sama beringas, sama-sama merasa benar sendiri. Bila terdapat salah satu pihak tertangkap, maka satu pihak tersebut menjadi bulan-bulanan yang tidak mengenal ampun.

Kekerasan seolah-olah jadi infotainment, jadi hiburan sehari-hari yang murahan layaknya kawin cerainya selebritis kita. Menarik tidak saja karena terluapkannya nafsu-nafsu kebinatangan, bahkan seolah-olah kita memperoleh penghiburan. Parahnya lagi, bentrok dan kekerasan menjadi hal biasa.

Kasus bentrok terakhir, kerusuhan Batam, mengindikasikan sudah lama terpendam rasa dendam. Rasa ketidakadilan dalam penggajian yang sudah berjalan lama, bentuk tidak dihargainya sebagai sesama karyawan. Penghinaan yang dilontarkan pekerja asing menjadi pemantik meletupnya rasa dendam.

Kondisi sosial ekonomi Priok, apalagi Batam, amatlah strategis. Di Priok kegiatan bongkar muat peti kemas menjadi tumpuan distribusi barang. Di Batam dengan kegiatan dan lokasi geografis dan ekonomi langsung berhadapan dengan dunia luar, dampaknya tidak hanya ke dalam, tetapi juga ke luar.

Priok rusuh, apalagi Batam suruh, mengharuskan proses pemulihan yang mendesak ditangani. Selain faktor memulihkan rasa aman dan keamanan, juga perlu dipulihkan kepercayaan dunia luar. Berkaitan dengan urusan ekonomi bisnis, kerusuhan Batam menantang pemerintah, kita memberikan perhatian ekstra. Tanpa itu, tergerogoti pamor Batam yang sudah lama ditunggu Singapura.

CHRISTOPER SIMANJUNTAK
Cilandak, Lebak Bulus
JAKARTA SELATAN
christoper_s@yahoo.com

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: