Menyesalkan Aksi Anarkhis Mahasiswa Unhas

Posted on Mei 26, 2010. Filed under: Tak Berkategori |

Aksi ratusan mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar berakhir ricuh, Selasa 11 Mei 2010. Aksi mengatasnamakan Solidaritas Mahasiswa Anti Kekerasan Akademik (Somasi) ini menuntut pencabutan skorsing terhadap tiga mahasiswa Teknik Geologi. Awalnya aksi berlangsung aman. Namun sekitar 30 menit kemudian, aksi berubah menjadi anarkis.
Diawali dengan pembakaran ban di Gedung Rektorat Unhas. Saat api membesar, petugas keamanan kemudian berusaha memadamkan api. Upaya keamanan kampus kemudian tidak diterima oleh mahasiswa, dan mengakibatkan bentrok. Dua mahasiswa dan dua petugas keamanan terluka sehingga dilarikan ke RS Wahidin Sudirohusodo. Mereka terluka di bagian kepala karena terkena lemparan batu dan pukulan kayu. Para mahasiswa juga melakukan aksi pengrusakan Gedung Rektorat lantai I. Mereka memecahkan kaca dengan balok, martil dan batu.

Menurut Kepala Keamanan Unhas, Bambang, serangan mahasiswa datang membabi buta dan langsung bertindak anarkis. Karena mereka membakar ban dan mengganggu orang lain, makanya kami bubarkan. Seandainya tidak anarkis, mungkin tidak ada masalah.

Aksi anarkhis mahasiswa di Makassar nampaknya sudah berlebihan dan sering terjadi. Kerugian jelas pada masyarakat, karena fasilitas umum yang dibangun dari pajak telah dirusak mahasiswa. Mahasiswa tidak memberikan contoh yang baik untuk menyelesaikan masalah. Kami sebagai masyarakat sangat menyesalkan tindakan mahasiswa tersebut.

Saya berharap kepada pimpinan Universitas Hasanudin (Unhas) untuk memberikan sanksi kepada mahasiswa yang bertindak anarkhis tersebut. Aksi-aksi mahasiswa selama ini telah meresahkan masyarakat Makassar. Mohon kepada pemerintah daerah dan aparat keamanan agar bertindak tegas kepada mahasiswa yang suka membuat onar dan bertindak anarkhis. Bangsa ini akan dikemanakan jika generasi mudanya seperti ini? Kami sangat menyesalkan aksi mahasiswa di Makassar.

Andi Fachrudin
Jl. Kebahagiaan Utara 14, Makassar, Sulawesi Selatan-90245
Email: andifachru@gmail.com

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: